Minggu, 20 Maret 2011

Perlindungan / Pengamanan Tanpa Antivirus




Assalammu’alaikum…..

    Pa kabar semuanya My All Friend… dan pa kabar juga komputer/ laptop kalian? Moga dua-duanya baik-baik aja. Maklumlah yang namanya computer/laptop juga seperti kita (manusia). Kalo kita kurang perhatian, ntar dia “sakit”. Palagi kalo computer/laptop yang kita miliki itu merupakan teman sejati kita, kekasih hati kita. Yang senantiasa membantu kita dalam berbagai keperluan. Kerja misalnya, buat tugas kuliah, dan lainya.
    Umunya sih, komputer/laptop kita semua ga’ jarang yang di serang virus. Meskipun sudah terinstal antivirus yang terkenal. Seperti kata sobat-sobat iam, “GA’ ADA KOMPUTER/LAPTOP YANG GA’ BERVIRUS”, kalo dipikir-pikir ada benarnya juga.
    Dan juga kebanyakan, orang-orang cuma menginstall antivirusnya saja, tapi tidak diperhatikan lagi kalo antivirusnya sudah kadaluarsa, atau belum di “update”. Lain ceritanya lagi, ada orang yang ga’ ngerti cara update antivirusnya. Maka dari itu virus-virus yang terbaru dengan mudah masuk ke komputer/laptop kita, terutama bagi para penggemar dunia maya yang selalu online.
    Dari persoalan tadi, disini iam akan berbagi sedikit trik yang iam dapatkan dari artikel-artikel yang iam baca di internet. Iam juga lupa artikel punya siapa (lupa nyatatnya).
Trik ni bercerita tentang, bagaimana komputer/laptop kita bisa aman dari virus atau perlindungan (keamanan) dari serangan virus “tanpa antivirus
Ok kalo begitu langsung aja ya, biar ga’ panjang lebar.

CARA 1:
    Cara ini sudah banyak di pakai orang, terutama di Warnet. Yaitu menggunakan “Deep Freeze”, pada komputer/laptop kita. Cara ini sudah banyak terbukti, karena prinsip kerja deep freeze dengan cara membekukan. Maksudnya ketika kita menginstall Deep Freeze di komputer/laptop kita, maka Deep Freeze langsung membekukan setingan komputer/laptop kita saat itu, setelah restart. Dan apabila virus masuk dan merusak system computer/laptop kita. Tinggal restart aja komputer/laptop kita, maka keadaan akan kembali seperti semula. Sangat gampang kan.
    Namun yang namanya orang jahat, pasti banyak akalnya. banyak orang jahil yang bisa melumpuhkan deep freeze, membuka deep freeze tanpa password, dengan menggunakan software yang sebenarnya untuk membuka deep freeze bagi orang yang lupa passwordnya. Kemudian orang jahil tersebut memasukan atau menyebarkan virus, dan mengobrak – abrik data di komputer/laptop kita. Dan mereka mengatakan diri mereka adalah “hacker”.
    Padahal kemampuan mereka cuma segitu, banyak orang yang membobol bank, perusahaan besar, tapi mereka ga’ mau nyebut diri mereka “hacker”.
    Disini am akan memberikan software Deep Freeze 7, yang katanya masih aman karena belum banyak orang yang bisa bobol Deep Freeze 7 ni. Bahkan ada yang berani bilang “belum ada orang yang bisa bobol Deep Freeze 7 ni”. Mungkin, kata-kata ini terkesan sombong, karena yang namanya pertahanan, pasti ada penyerangan. Silahkan download dan gunakan Deep Freeze 7. Yang mau download tinggal klik aja nama Deep Freeze 7 di bawah ni, dan ikuti petunjuknya.

Download DeepFreeze 7


CARA 2:
    Cara yang kedua ni, mungkin masih jarang dilakukan oleh orang banyak. Tapi sebagian orang masih tetap melakukannya, termasuk juga iam.
    Caranya yaitu “Update Windows”.
Sasaran utama virus, rata-rata menyerang pada system komputer/laptop kita. Yaitu system “windows” – nya. Sehingga windows kita mengalami kerusakan dan bertingkah aneh, seperti: sering hang, error, atau malah restart sendiri. Karena windowsnya sudah rusak, kebanyakan orang langsung melakukan install ulang komputer/laptopnya. Dan hal itu memakan waktu lama (bagi yang punya kesibukan), dan ada juga orang yang tidak mengerti cara install windows.
    Dengan update windows, bisa mempersingkat waktu, karena file update windows tidaklah besar, rata-rata hanya ukuran ratusan KB (Kilo Byte). Dan cara updatenya cukup gampang.
Disini iam akan berbagi cara offline update, mungkin cara ini pas buat sobat yang menggunakan windows bajakan hingga takut untuk automatic update. Karena update di bawah ini tidak meminta konfirmasi windows yang asli.
Berikut ini langkah-langkahnya:
Gunakan browser internet explorer (tested work) untuk browser lain belum bisa kayaknya.
Klik tuluisan update windows di bawah ini


Kalo link itu sudah terbuka silahkan ketik dikolom search menurut Operation Sistem pada komputer/laptop sobat punya:
Contoh:
Windows XP 2011
Windows Vista 2011
Windows 7 2011

Diatas di tambah angka “2011” pada deretan windows xp, windows vista, dan windows 7 karena di sesuaikan utuk update terbaru dan sekaligus untuk memendekkan daftar listnya.
-          Kemudian pilih update yang di inginkan dengan cara klik tombol “Add” di sebelah kanan.
-          Perhatikan bagian yang ingin kalian update, jika windows sobat 32bit download yang bertulisan x86 dan jika 64bit download yang ada tulisan x64.
-          Kemudian klik “Browse” untuk meletakkan di folder mana file installanya yang akan di download.

Setelah download tadi berhasil, tinggal klik 2x aja file hasil download tadi. Maka computer/laptop akan restart sendiri. Setelah restart, selamat update windows sudah berhasil di lakukan.


CARA 3:
     Cara ke – 3 yaitu, “Backup Registry”.
    Ibarat manusia, Registry adalah jantungnya windows. Banyak virus-virus yang menyerang registry. Merubah pengaturan di registry. Sehingga komputer/laptop kita tidak bisa menampilkan “task manager”, menu “run”, registry, bahkan partisi kita yang hilang (disembunyikan). Maka dengan kita punya backup windows, kita jadi gampang merestorenya, dan Registry kita kembali seperti seperti semula.
Caranya gampang:
-          Buka menu “registry editor”, dengan cara klik start, dan ketik regedit, kemudian tekan enter.
Kalo untuk windows XP,  klik start menu, klik run, kemudian tulis “regedit”, kemudian tekan enter.
-          Setelah Registry Editor terbuka, klik “File” dan pilih “export…”
-          Simpan file registry di folder yang anda inginkan.

Cara restornya, cukup klik 2x aja file registry yang kita simpan tadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar